Info Terbaru

asmaul husna

Layanan Online

Keunggulan Otak Kanan

Anda boleh ketinggalan kereta, tetapi jangan sampai ketinggalan berita. Anda harus tahu bahwa otak kanan Anda itu memiliki kapasitas 90%, sedangkan otak kiri hanya memiliki kapasitas 10–12%. Bahkan, hasil penelitian mutakhir di Amerika Serikat menyatakan bahwa peran logika (otak kiri) dalam membuat orang menjadi sukses hanya 4–6%. Sementara itu, 94–96% kesuksesan seseorang dipengaruhi oleh otak kanan. Sebab, bagian otak ini berhubungan dengan inovasi, kreativitas, naluri, intuisi, daya cipta, kejujuran, keuletan, tanggungjawab, kesungguhan, spirit, kedisiplinan, etika, empati, dan lain sebagainya.

Perlu Anda ketahui juga bahwa otak kiri hanya sanggup menyimpan informasi dalam jangka pendek (short term memory). Sementara itu, otak kanan dapat menangkap dan merekam informasi dengan cepat, serta menyimpan informasi itu dalam memori otak jangka panjang (long term memory). Ck, ck, ck, emang ga bakalan penuh tuch otak? Nah, justru disinilah letak kehebatan otak kanan. Kapasitas kemampuannya dalam menyimpan memori mencapai 10 pangkat 5 juta kilometer, atau jika dihitung-hitung, deretan angka nol di belakangnya sebanding dengan jarak antara bumi dan bulan 14 kali pulang-pergi. Busyett..benar-benar amazing!

Selain itu, otak kanan juga memiliki kemampuan dalam hal rasa empati atau kepedulian, daya kreatif, dan seni yang tinggi, serta mampu berkolaborasi dengan hati. Selain itu, otak kanan juga memiliki gelombang otak yang bernama gelombang alfa. Gelombang inilah yang bisa merasakan keikhlasan, kebahagiaan, ketenangan, kekhusyukan, keheningan, kepuasan, imajinatif, dan lain sebagainya. Wow, sangat luuuuaaarrr biasaa, bukan?

Nah, tentunya, Anda tidak ingin informasi yang telah Anda rekam cepat “menguap”, bukan? So, simpanlah informasi tersebut di dalam otak kanan Anda! Namun, karena otak kanan tidak mengenal tulisan dan angka, Anda harus mengubah informasi tersebut menjadi sebuah cerita atau gambar. Adapun beberapa teknik yang bisa Anda lakukan adalah sebagai berikut:[1]

#1. Total Story Technique (Teknik Cerita Total)

Anda dapat berlatih mempraktikkan teknik ini dengan cara sederhana, yaitu mengingat barang-barang yang ingin Anda beli di supermarket dalam bentuk cerita. Contohnya, jika Anda ingin membeli beras, sampo, susu, permen karet, pembersih lantai, telur, kecap, keju, saus tomat, dan tisu, Anda tinggal membuat cerita sebagai berikut:

Dewi Sri (legenda dewi padi yang menggambarkan beras) sedang keramas menggunakan sampo sambil mandi susu. Sedangkan, di luar rumah, simbok sedang mengunyah permen karet sambil mengepel menggunakan pembersih lantai sambil menyiapkan telur rasa kecap yang ditaburi keju dan saus tomat yang lembut seperti tisu.

#2. Total Word Technique (Teknik Kata Total)

Apakah selama ini Anda mengalami kesulitan dalam mengingat informasi yang berupa kata atau istilah asing? Jika iya, sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi. Sebab, Anda dapat menggunakan teknik ini untuk mengingat kata atau istilah tersebut dengan cara mengubahnya menjadi kata-kata yang terdengar hampir sama supaya dapat diterima oleh otak kanan. Maka, ubahlah kata atau istilah asing itu menjadi sebuah singkatan atau yang sering disebut dengan istilah “jembatan keledai”.

Sebagai contoh, untuk mengingat-ingat nama-nama planet yang letaknya paling dekat hingga terjauh dari matahari, yaitu Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus, Anda cukup mengubahnya menjadi kalimat “Mengendarai Vespa Bukan Mainan, Judi Sahabat Urip Nekat”. Dengan begitu, Anda dapat mengingat nama-nama planet dengan mudah.

#3.Total Number Technique (Teknik Nomor Total)

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa otak kanan tidak mengenal angka atau tulisan, maka Anda harus mengubah angka-angka yang ingin Anda ingat menjadi sebuah cerita menggunakan teknik ini. Misalnya, jika Anda ingin mengingat angka Misalnya, jika Anda ingin mengingat angka 212.007.234.214, Anda tinggal mengubahnya menjadi cerita, yaitu Wiro Sableng (212) dan James Bond (007), sedang merokok Dji Sam Soe (234) pada hari Kartini (214).

Nah, mudah dan asyik, bukan? Selamat mencoba!

sinar-kejora.com

Sat, 28 Apr 2012 @15:06


1 Komentar
image

Wed, 12 Jun 2013 @00:00

Marnie

So excited I found this article as it made thngis much quicker!


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 4+1+8

Copyright © 2014 | Travel Umroh & Haji · All Rights Reserved